Seberapa Penting Vitamin D bagi Tubuh Kita?

Vitamin D merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama dalam memenuhi kesehatan tulang dan gigi. Kebutuhan vitamin D pada setiap orang harus dipenuhi setiap harinya. Muncul beberapa pertanyaan terkait berapa sih jumlah vitamin D yang diperlukan tubuh kita agar tetap bugar? Kebutuhan vitamin D harian untuk tubuh kita memang sangat jarang diperbincangkan, karena yang sering diperbincangkan adalah kebutuhan vitamin C dan Vitamin A. Vitamin C dikenal sebagai penangkal radikal bebas dan Vitamin A yang berfungsi untuk kesehatan mata.

Vitamin D erat kaitannya dengan zat kalsium dalam tubuh. Keduanya sangat mendukung fungsi satu sama lain. Zat kalsium merupakan mineral utama dalam susunan tulang. Vitamin D disini memberikan booster untuk penyerapan kalsium secara maksimal di usus. Kedua fungsi ini tidak akan berjalan dengan baik jika salah satu diantaranya belum terpenuhi dengan baik. Contohnya, ketika kadar vitamin D masih belum terpenuhi, maka kalsium tidak akan terserap dengan baik.

vitamin apps

Manfaat Vitamin D bagi Tubuh Manusia

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang memegang peranan penting dalam tubuh manusia. Vitamin D dalam tubuh manusia akan diaktifkan secara maksimal apabila kita berjemur dibawah sinar matahari. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk berjemur dibawah sinar matahari setiap hari. Berikut ini merupakan manfaat vitamin D bagi tubuh manusia:

  • Vitamin D dapat memaksimalkan proses penyerapan kalsium dalam tubuh, selain itu vitamin D juga merupakan zat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi manusia.
  • Fungsi vitamin D yang tak kalah menarik adalah dapat mengontrol berat badan manusia agar tetap stabil.
  • Vitamin D ternyata juga sangat bermanfaat dalam menurunkan risiko kanker. Dengan menjaga kebutuhan harian vitamin D kita, besar kemungkinan kita akan terhindar dari salah satu penyakit mematikan ini.
  • Diabetes juga dapat dicegah dengan asupan vitamin D yang cukup setiap harinya.
  • Masa pandemic COVID-19 yang masih belom usai ini membuat banyak orang depresi. Namun ketika kita penuhi kebutuhan vitamin D harian kita, maka kita dapat terhindar dari depresi yang berkepanjangan.
  • Vitamin D juga sangat bagus apabila dikonsumsi setiap hari untuk menghindarkan kita dari Risiko Multiple sclerosis (MS)

Kebutuhan vitamin D ini harus dicukupi demi terserapnya kalsium di tubuh dengan baik. Jika kebutuhan vitamin D dalam tubuh tidak dipenuhi dengan baik, maka akan terjadi kendala besar dalam proses penyerapan kalsium di usus. Biasanya penyerapan kalsium ini hanya mencapai 10-15% jika kebutuhan vitamin D dalam tubuh tidak terpenuhi. Jumlah ini sangat kurang apabila dibandingkan dengan target penyerapan kalsium di usus sebesar 30-40%.

Kebutuhan Vitamin D Berdasarkan Usia

Kebutuhan vitamin D berdasarakan usia sangatlah beragam. Mulai dari bayi hingga lansia, kebutuhan vitamin D akan sangat berbeda. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, menindaklanjuti dari kebutuhan vitamin D berdasarkan pada Angka Kecukupan Gizi (AKG) adalah sebagai berikut:

  • Bayi yang berusia di bawah 12 bulan membutuhkan asupan vitamin D sebesar 5 mikrogram per hari.
  • Anak dengan rentang usia 1-17 tahun membutuhkan kebutuhan vitamin D sebesar 15 mikrogram per hari.
  • Dewasa dengan rentang usia18-64 tahun membutuhkan kebutuhan vitamin D sebesar 15 mikrogram per harinya.
  • Lansia (Lanjut Usia) yang sudah berusia lebih dari 64 tahun membutuhkan paling banyak asupan vitamin D per harinya, yaitu 20 mikrogram.

Kebutuhan vitamin D yang dapat diperoleh dari sinar matahari pada pukul 9-10 pagi juga dapat diperoleh dari makanan sehari-hari, seperti pada susu sapi, susu kedelai, keju, ikan-ikanan, yoghurt, tahu, tempe, buah jeruk, dan masih banyak lainnya. Jika masih bingung mengenai informasi tentang kebutuhan vitamin D pada tubuh, Kamubisa langsung berkonsultasi pada dokter spesialis di Klikdokter.com pada fitur vitamin apps.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>